Tuesday, January 30, 2018

Oleh oleh dari malang bikin gigi sehat ?

Apa sih yang khas dari kota malang?
Biasanya orang bakalan bilang APEL dong. Dan kebetulan kemaren suaminya temen kantor papahku baru pulang dari malang dan ngebawain oleh oleh dari malang. oleh olehnya berbahan dasar apel, ada yang enggak juga sih, ada stik bayam, tapi aku sukanya toffe ma dodolnya.
gimana ya makanan ini tu manisnya gak kebangetan jadi enak aja buat dimakan. taukan biasanya rasa dodol itu pol manis, tapi dodol apel ini gak gitu, mungkin bahasa jawanya nyetak rasanya......ini enggak tu, dan teksturenya alus mungkin karena komposisinya kalik ya.
ni aku kasih penampakannya

ngomong ngomong soal apel ne, tahun lalu aku ke dokter gigi dan you know aku paranoit gara gara gigiku banyak lobangnya, terus kata si dokter aku disuruh makan yang berserat, makan buah juga, dan salah satu buah yang dimaksut itu apel, buah apel bagus buat gigi soalnya bisa ngebantu bersihin plak yang ada di gigi, kayak kita bis makan tu ada yang nyempilkan. selain apel juga sayur tu. tapi perlu diinget ne, selama kondisi gigi kita bagus gak apasih makan apel langsung asal gigit, tapi kalo kondisi gigi udah rapuh gara gara karies jangan asal makan buah or apapun yang cenderung bertekstur keras....apalagi gigi yang dikasih crown buat ngegigit begituan....bisa babalas tu gigi, kebawa arus.....wowowowowowo, jadi semua makanan yang berlabel sehat itu bakalan menyehatkan kalo digunainnya bener kalo caranya salah yang ada kita rugi dan malu sendiri.
apel katanya kaya kalsium, aku pernah baca di salah satu wesite gitu. pokoknya sih kalo mo gigi sehat tu jangan nggosok gigi berlebih, 2 kali cukup, abis sarapan pagi ama mo bobok, jangan juga ngegosok pas abis makan-langsung gosok gigi. tunggu dulu setengah or sejam baru disikat. enam bulan sekali ke dokter gigi dan kalo ada lobang kecil langsung ditambal, jangan nunggu sakit, ntar perawatannya malah lama..... aku dulu geraham ditambal jaman SMA ampe sekarang udah 25 tahun ya berati sekitar 8 tahunan gitu, satu gigi gerahamku yang dulu 8 tahun lalu aku tambal harus aku tambal ulang gara gara udah bolong lagi, yang satunya mo tak tambal kata dokter giginya gak apa masih bagus, padahal keknya udah ada karies apa gimana gitu, aku mah nurut dokternya aja dah, paling gak gara gara dulu udah tak tembel sebelum lubangnya gede....sampe sekarang gigiku geraham 2 biji itu masih Alhamdulilah sehat.... compare ama gigi geraham kanan ku yang sekang sudah menghilang....tadinya sakit dan gak tak tambal, tak biarin waktu SMP dan setahun setelahnya sakit dan tak tambal langsung ambrol tambalannya gak ampe sebulan.....dan waktu SMA udah rapuh tu gigi dan bisa dibilang sayonara....... aku biarin tu akar gigi yang menghitam ampe pas tahun lalu waktu umurku 24 dokter gigiku ngeliat....lha ini ni harus di cabut, besok kesini ya...-gratis dari bpjs. kata si dokter tu bikin penyakit kalo gak dicabut, gak guna juga kan tinggal akar yang nangkring...akhirnya aku cabut juga. dan tadi pagi crownku yang udah 8 tahun juga mo aku ganti gara gara bolong dan ada celah dibelang antara crown dan gusi, tapi pas dibongkar kata dokter-gak pake bpjs ya, ini bayar....bpjs nggak nangung prihal crown gini. kata dokter ini masih gak papa cuma aus lemnya, terus dilem ulang dan aku kok ngerasa belakangnya masih nganga ya.....ada celah di gusi dan crown, tapi katanya gak apa....sebelum dibongkar ada celah juga bu dokternya bilang gak apa.... ya udah aku mah ngikut aja......
oya lagian ne, aku masih kudu tambal 4 gigi.... tapi berubung abis masang ulang crown, jadi tambalnya besok aja deh....lumayan karena gak jadi buat crown baru..... cuma abis 1/3 dari harga crown tadi ..... kalo buat ualng tekornya euy.....

No comments:

Post a Comment

Mencari sosok Ayah untuk anakku

Bingung rasanya karna ank mulai tambah besar, harus bilang apa gitu .... kalo semisal tanya Papah dimana mah....? Just saying luar kota....o...