Sunday, January 21, 2018

Insomnia ? cara mengatasi gangguan kecemasan

Mengurangi kecemasan, dan menekan Insomnia, aku bahas sesuatu yang berhubungan dengan kecemasan yang bisa berakibat or menjurus ke masalah insomnia.

Halo semuanya, aku mau bagi bagi cerita yang mungkin membantu buat kalian dengan persoalan yang sama. 
Apa kalian perempuan atau laki laki pasti pernah kawatir dengan sesuatu hal. Untuk sebagian orang rasa kawatir terlihat sepele karena kawatir itu bisa disingkirkan dengan pikiran lainnya, namun juga ada orang yang merasa kawatir dengan hal sepele itu sendiri dan terpaku pada kekawatiran itu sendiri.
Misalnya ‘besok minggu depan ujian’ 
Si A yang biasa biasa saja mungkin merasa kawatir namun dapat berpikir positif - selama belajar bisa lah, dicoba dulu.
Di B yang biasa biasa saja mungkin merasa kawatir dan bisa belajar juga seperti A namun pemikirannya menolak dan menuju ke kawatiran yang lebih jauh, mungkin kamu seperti si B dan berpikir keras sebelum kejadian di hari H datang.
Dalam kasus B dia kawatir jika tidak bisa mengerjakan ujian, meski belajar namun kekawatiran yang ada dalam pikirannya akan membuat dia tidak konsen, kemungkinan lainnya di era teknologi sekarang ini dia akan berselajacar di dunia maya dan mengetikkan ‘gagal ujian’ atau keyword lain tang biasanya endingnya menuju arti gagal ujian. Itu bakal memperburuk kekawatiran ke tingkat yang lebih tinggi. 
Cerita lainnya. Mungkin kamu punya temen yang pinter dan temen yang biasa aja, namun waktu ujian negara, si temen pintermu itu malah gak lulus. Orang bisa bilang itu gak beruntung atau ada kesalahan, tapi itu mungkin. Aku ngalamin sendiri walau gak ada yang ampe gak lulus gitu. Tapi kekawatiran ‘gak lulus’ itu berhasil membuat ornang yang pinter jadi menanggung beban berlebih. Makanya aku bilang tiap orang berbeda, ada yang bisa melewatinya dan ada yang terpaku dalam dunia kekawatirannya itu.

Nah aku mau kasih pendapat pribadi ne,
Kamu ngerasa kawatir banget sampe insomnia-gak bisa tidur, mual, pusing
Itu ngeganggu kan, walo udah cari cara ngatasinnya di search engine manapun-kebanyakan sama advice-nya.

Sebenernya masalah itu bisa diatasi, tapi aku gak mau janji ya, soalnya yang terbaik itu kamu harus berubah dan ngerubah polapikir, dan ngatasin permasalahan yang bikin kamu kawatir secara NYATA bukan dalam pikiran. Juga berpikir positif. TAPI ada kok yang mungkin, mungkin ya, yang bisa njerumusin kamu ke hal positif dan nurunin rasa kawatirmu itu. Dan aku gak janji gak janji, karena permasalahn dalam pemikirann itu gak bisa tuntas namun bisa ditekan, gak hilang tapi bisa di minimalkan, mungkin setelahnya semua jadi tenang namun namanya kehidupan pasti ada kalanya kekawatiran itu balik di suatu kondisi dan jika kamu udah bisa nekan kondisi kritis itu seperti sebelumnya, semoga jika kondisi itu balik bisa dipraktekin lagi dan tekanan akan berkurang, jadi hidupmu akan lebih indah.

Aku nemu buku di perpus sekolah watu kelas 3 SMA, judulnya ‘IQ answer’, dan itu ngubah cara pandangku dan menurunkan rasa kawatirku.
Waktu SMA aku pernah insomnia melek 3 hari dan rasanya seger aja meski gak tidur, tapi otak rasanya pegel dan tingkat kecemasanku muncak. Waktu itu mo ujian negara dan aku belum nemu buku itu. Gak tahan aku ke dokter minta obat tidur, dan tau lah gak mungkin dokter ngasih resep segampang itu, jadi aku cerita maslahnya dan bilang udah 3hari gak tidur, jadi akhirnya dikasih resep dan cuma boleh diminum  buat 3 hari - tau gak kenapa obat tidur dikasih kalo udah mepet banget beneran gak ada cara lain kalo insomnia dan kenapa aku gak beli aja di apotek obat tidur yang dijual bebas? Jawabannya, karena dokternya gak mau si pasien ketergantungan obat tidur, karna ada yang ketergantungan dan dosisnya semakin tinggi. Dokter bilang selesain masalahmu biar lebih tenang dan obat tidur itu bukan solusi, dan aku setuju. Setelah 2hari minum hari ke 3 aku bisa tidur nyenyak Alhamdulillah.
Dan waktu aku kuliah itu keulang dan dokter itu bilang hal yang sama dan aku bingung sama permaslahanku- soalnya aku gak ngerasa apa apa dan gak bisa tidur aku lagi gak punya maslah. Setelah dipikir aku tau, dulu pernah insomnia dan waktu kuliah aku kemalaman tidur dan jadi melek, besoknya aku takut gak bisa tidur dan kemungkinan besar masalah tekanana deadline tugas kuliah deket dan aku gak ngerasa itu ada dipikiranku dan ngebuat insomniaku kambuh. Alhamdulillah setelah 2 hari minum obat aku tidur nyenyak lagi dan aku diceramahin dokter panjang lebar dan Alhamdulillah karna si dokter aku gak ketergantungan obat tidur. 
Sekarang udah gak pernah insomnia, paling gak bisa tidur sehari besoknya pules lagi, mungkin karna hal yang aku lakuin ini. Buku yang aku temuin itu waktu kuliah aku lupa kalo aku punya jadi pas abis insomnia sembuh baru tak baca ulang-telat

Ngurangin kekawatiran ya, aku gak tau berfungsi buat kamu apa enggak, 

Berdoa, buat yang muslim ya ambil air wudu terus sholat malam kalo gak bisa tidur, kalo untuk selain muslim menyesuaikan - semua harus diawali dengan doa

Ada yang bilang baca buku, tapi kalo otak kacau gimana ya, paling masuk kanan kiri doang, jadi kalo aku baca manga comedy

Matiin handphone jangan internetan, oya satu lagi, tolong singkirin jam yang ada di kamar tidur - ngeganggu dan bikin tambah melek

Sugesti itu penting, bilang dalam hati, aku bisa tidur, aku sehat, ngatuk ngantuk

Dan ini yang harus dipraktekin ya banget dan jangan ketinggalan, lakuin ini minimal 2minggu sebulan kalo bisa seterusntya
Buatlah jurnal dengan syarat, kalo nulis jurnal harian pas mau bobok tu, bisa ditambah to do list buat besok, harus deng, tulis kegiatan apa yang besok mau kamu lakuin, mandi kek makan apa aja penting ditulis walo endingnya gak dilakuin tapi tulis aja biar lega besok mo ngapa aja gak dipikirin lagi jadi tenang. JANGAN dibaca ulang, mau miss-spelling kek kurang kata pokonya tulis, don’t look back ya.

Kalo kesel ne ama orng, sedih ato punya unek unek apaaa aja.
Siapin kertas selembar ama alat tulis, apa aja boleh, curahin emosi mu ke tu kertas ampe puas kalo marah ambil tu yang pake tinta merah ampe robek juga gak apa tu kertas, pokoknya jangan dibaca ulang JANGAN dibaca ulang, abis tu jangan langsung dibakar ya, sobek dulu ampe puas baru dibuang or dibakar, kalo dibakar ati ati jangan lupa apinya dimatiin kalo dah kelar.

Habis itu, tenang masih banyak yang lebih menderita dari pada kamu, kadang kadang gak papa mikir penderitaan yang lebih parah dari kamu, jangan sering sering ntar sombong jadinya. Ini biar kita lebih tenang, kita gak sendiri lhoooo

Terus aku praktekin isi buku itu, teknik pernafasan, biar tenang full breath, ada box breath juga buat ngilangin rasa takut. Dan lainnya, penjelasannya ntar aku kasih di postingan lanjutan.

Olahraga pagi jangan lupa, kalo aku sepedaan pagi, bisa lari pagi juga lho or sekedar jalan cepet plus santai.

Pokoknya tu cara buat nurunin kecemasan menurut aku, semoga ngebantu, kalo cemas berkurang harusnya insomnia juga bisa ditekan kalo insomnia berhubungan sama kecemasanmu lho bukan karna penyakit tertentu.

Sharing ya ma aku, aku bukan anak psikologi lho, aku anak desain, jadi gak bisa bantu spesifik, hanya yang bersadar pengalaman, beberapa cara tadi aku tanyak sodaraku yang anak psikologi dan itu ngebantu aku..... buat jurnal ama kertas emosi -impactnya gede buat aku...... jangan lupa doa juga, itu yang utama buat tenang.



BTW ne update lagi ne aku abis buat artikel jadi kepikiran kalo ampe insomnia lagi....terus tadi malem akhirnya aku buat jurnal harian dan setelahnya tidur pules ampe pagi - kebangun pas mamah sahur.... Alhamdulillah

No comments:

Post a Comment

Mencari sosok Ayah untuk anakku

Bingung rasanya karna ank mulai tambah besar, harus bilang apa gitu .... kalo semisal tanya Papah dimana mah....? Just saying luar kota....o...