Tuesday, January 30, 2018

Impaksi, tahapan cabut gigi bungsu pake bpjs GRATIS

Semua punya gigi dong......Dan beruntunglah bagi anda yang punya gigi sehat dan tumbuh pada tempatnya. Karena gigiku banyak lubangnya dan emang udah gitu adanya aku terima aja dan karena udah terlambat(nggak gawat banget sih ya banyak lubangnya) jadi dokter bilang....itu gak papa tinggal dirawat aja dan kontrol rutin.....jadi nabung dulu deh buat tanggap darurat karena gak semua hal yang berbau gigi ditanggung bpjs, yak betul, mungkin ada yang dicover tapi sisanya ya ongkos sendiri....
Dan taukah anda jika kemarin awal januari saya periksa dokter dapet rujukan buat PSA(perawatan saluran akar) gigi di rumahsakit deket rumah. Pas udah kelar perawatannya si dokter bilang.... "gigimu miring tu yang kiri atas(si bungsu yang tumbuh waktu SMA), besok ronsen ya terus dicabut". Aku cuma bisa bengong..... Aku disuruh minta rujukan baru buat gigiku yang impaksi.

Dan dimulailah rasa deg degan baru....
sorenya aku balik ke klinik faskes 1 dari bpjsku terus aku ngebalikin surat rujukan biar dapet rujukan baru.

kalo dapet rujukan ya biar gak ribet, survei dulu apa aja yang harus dibawa, jadi pas di TKP gak bingung karena dokumen gak lengkap. kalo aku kemarin sih bawanya copyan rujukan, copyan KK, copyan KTP, copyan kartu BPJS.
Besok paginya aku langsung ke rumahsakit dan udah ditunggu ama petugasnya yang langsung menggiringku ke ruang ronsen, dan untungnya letak gigi yang sungsang itu gak segawat pikiranku jadi bisa langsung dioperasi gak perlu di belek belek dulu. 
Pas liat ronsenannya kok biasa aja ya...wkwkwkwk tapi beneran deh miring

gigi yang impaksi kiri atas paling pojok

Kalo gak di ambil bisa menderita di kemudian hari, soalnya gak bisa keranggih sikat gigi....tumbuhnya tu ke depan gitu enggak ke bawah, dan ternyata juga karies walo belum sakit, kalo nunggu sakit bisa lama urusannya.....wkwkwk

Lanjut ne, abis di ronsen dan dapet hasilnya.....(gratis ya)
Dokter bilang "udah makan to....ayo", nah lo aku mematung, terus cari seribu alesan dan ketangkep basah ama susternya...."yaudah besok minggu depan kesini kalo udah siap" aku dikasih rujukan balik buat minggu depan baru cabut gigi-operasi gigi deng.

Minggu depannya aku dateng lagi dan dimulailah eksekusi si bungsu.
Pas duduk di kursi yang buat periksa itu aku ditanyain kalo aku punya sakit kronis gak, punya diabetes juga darah tinggi dan penyakit lainnya. juga alergi obat bius gak, alergi obat ada gak.
karena saya bersih-masih muda juga gitu, jadi abis ditensi dan normal langsung deh tanda tangan persetujuan operasi gigi. (sebelum cabut gigi makan dulu ya.... puasanya lumayan lama)

pas di ambil giginya gak kerasa apa apa, biasa aja, dan pas biusnya ilang juga gak kerasa apa apa, soalnya gigiku emang belum sakit jadi mah biasa aja. Gigiku yang diambil akarnya miring....aku kaget juga, kariesnya parah juga ternyata. mungkin kalo gak dicabut beberapa tahun lagi kerasa dah sakitnya. sekarang udah lega, soalnya tu gigi paling pojok enggak ngeganggu kok kalo gak ada disitu.
pas dibius yang paling gak enak, soalnya tu rasanya puait pas ada obat yang netes gitu....tapi gak sakit sama sekali pas disuntik bius.

Ada beberapa kasus ne, kalo akukan langsung pulang tu.... proses biusnya tu 15 menitan nunggu reaksi (bius lokal), cabutnya 5 menit. Ada juga yang impaksinya ngantem gigi sebelahnya, tu kudu di belek gitu, aku gak tahu pastinya sih, tapi ada yang kek gitu. Tetanggaku rawat inap satu hari dan dia dibius total pas operasi gigi sulung, soalnya udah ibu ibu anaknya seumuran ma aku, mungkin 50an umurnya tetanggaku, juga punya darah tinggi jadi penangannnya khusus lebih ribet. jadi kalo emang udah ada tanda impaksi mending di tanganin sebelum umur 30 deh, biar gak ribet dan nakutin gitu.

Pas udah kelar disuruh balik minggu depannya buat kontrol.....
Sudah kelar, dan untungnya cuma satu gigi bungsu yang hilang, soalnya ada bapak bapak disebelahku yang ternyata 4 gigi bungsunya yang diambil....ih ngeriiiii
Enggak ngeri pas dicabutnya-gak sakit soalnya, tapi ngeri sesudahnya....mo makan males, nyempil di bolongan dan darahnya beranti ngalir setelah beberapa jam.....rasanay tuh looooo enggak enak, mana bungsu di paling pojok jadi lidah gak nyampe juga.....BETE

GImana, si bungsu kalian baik baik aja gak?

No comments:

Post a Comment

Mencari sosok Ayah untuk anakku

Bingung rasanya karna ank mulai tambah besar, harus bilang apa gitu .... kalo semisal tanya Papah dimana mah....? Just saying luar kota....o...