Thursday, February 8, 2018

Resep Dimsum Ayam - niat masak buat modal nikah

Kemaren liat di lemari ada tepung, sisa buat donat (gagal) yang bikin ketawa garing. Terus liat lemari es di frezernya ada ayam punya mamah, kok kasihan cuma sendirian di frezer yang segede itu, jadi aku ambil dan gak lupa ngegeledah stok sayur punya mamah. Jadi gini....aku tu hobi beli buku apapun itu ampe lemari tumpah ruah isinya buku (kebanyakan manga ama novel sih) terus aku juga langganan majalah masak dan buku masakku juga banyak, cuma sayang aku males praktekin.
Kenapa males dipraktekin, karena kadang bahannya gak ada, jadi di blog ini aku bakal ngasih resep yang aku otak atik dari resep yang ada (kayaknya). Juga resep dari mamah (juga sering eksperiment kalo kepepet abang abang tukang belanjaan gak lewat dan bahan masakan cuma sekadarnya dan kadang gak nyambung kalo digabung buat dimakan, tapi jadinya enak juga....jam terbangnya udah tinggi sih mamahku....aku harus berusaha)
Aku gak punya timbangan jadi untuk kalian yang gak punya peralatan lengkap didapur, saya juga dan itu gak masalah, tapi kalo bisa sih minimal ada sendok taker ma timbangan(ingetin diri yang belum beli-beli).

Kenapa pilih dimsum soalnya enak dan gampang buatnya(kalo kulitnya beli jadi). Nah ini aku gak beli jadi, cuma liat bahan sisa kasihan aja gitu gak dipake. aturan sih pake tepung protein tinggi or sedeng, tapi aku adanya protein rendah(kunci biru) ya udah gak apa, dan harusnya pake tapioka tapi ternyata pas aku liat di kulkas, tu tepung udah kadaluarsa sejak desember tahun 2017.....2 bulan kemaren dong. ya udah, aku pake tepung telur garem ma air panas aja, pake telur biar kenyel gitu....bahan dasar kulitnya tak buat kayak bahan dasar ngebuat mie telor or pasta....dan asli enak kok, jadi pas kulitnya udah jadi dan aku kasih isian, ternyata tu kulit nyisa, jadi aku jadiin mie....dan rasanya kenyel enak kayak mie telor gitu, cuma hambar...kan gak dikasih bumbu.

Resep Kulit Dimsum
  • 250 gram Tepung kunci biru (2 cup, aku sih naker pake gelas ukur air, jadi 500ml)
  • 1 sdt Garem
  • 1 butir telor ayam yang gede (mantep lagi pake telor bebek)
  • Air panas (nah ini ni kagak aku taker, pokoknya dikit aja ampe tu adonan kalis)

Resep Isian
  • 300 gram ayam (keliatannya sih. aku gak nimbang, kebiasaan aja kalo beli di ibuk-ibuk tukang ayam segitu)
  • 2 Batang kucai Gede iris tipis (Banyakin aja, 5 or 6 juga gak papa, kemaren cuma tinggal segitu jadi dikit doang aku pakenya)
  • 2 batang seledri iris tipis
  • 3 Siung bawang putih keprak dulu
  • 1 sdt garem
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt merica bubuk
  • mo pake penyedap boleh kalo aku sih enggak, soalnya papahku gak bakal ikutan makan.
Cara masak

kulit : langsung campur semua, pake garpu ya ngaduknya or sumpit, puanaaaas lho, ati ati, terus kalo udah gak terlalu panas diulenin pake tangan ampe kalis, abis itu di biarin aja gitu 30 menitan, biar glutennya bereaksi.

isian: campur semua bahan di foodprosesor kecuali kucai ama seledri, kalo gak ada foodprosesor pake blander yang kecil juga boleh, kalo gak punya juga bisa di cacah tu ayamnya, terus bumbunya diuleg manual. Kalo udah kecampur rata tinggal ditamabahin irisan kucai plus sledri, kucai itu daun bawang.

Di gambar atas yang pertama ada gelas kramik kan, itu buat ngegiling adonan biar jadi bunder, jadi pas udah diistirahatin si adonan kulit, terus di bagi jadi 16 bagian, abis itu dibuat bulet dipipihin terus di pipihin jadi lingkaran lebar, terus dikasih isian  terus dilipet lagi jadi bentuk apa aja boleh sih, kayak pastel juga boleh, tu sisa adonan yang gak kepake aku jadiin mie, wkwkwkwk

kalo udah bisa di kukus di dandang dengan api besar 20 menit ampe mateng, kalo gak ada kukusan di godog aja, kayak ravioli ya.... kalo gak punya panci buat nge godok, bisa pake teflon, jadi susun dimsumnya di wajan teflon terus yang udah dipanasin dan dikasih minyak goreng dikit aja, terus tu dimsum dibiarin di teflon beberapa detik, 30 detik aja, liat kalo bawah dimsum agak kecoklatan berati oke, kalo udah tuangin air ke dalam teflon yang berisi dimsum itu, sampe rada mumcup di ujung dimsum(kerendem 3/4) terus tutup si tefon pake tutupan wajan dan dibiarin ampe airnya abis(apinya sedeng aja) kalo airnya udah abis dibiarin dulu, kan ada suara mendesis gitu gak ape-ape, kalo udah 30 detik buka tu tutup wajan dan liat apakah bawah dimsum udah cokelat, kalo iya silahkan di angkat dan dinikmati.

di cocol kecap manis enak, enggak juga enak, saus sambel lebih enak lagi.....
Maaf gak ada foto jadinya, lupa kalo mo di post di blog jadi pas keinget ternyata dimsumnya udah abis semua. Oya, kalo gak abis, dimsum yang masih mentah taruh aja di freezer, besok baru di masak, kalo mo dimasak dari freezer jangan langsung di proses, tapi di taruh di kulkas bawah dulu, baru kalo udah gak terlalu keras di taruh di suhu ruang terus di proses buat dimasak deh....

terimakasih, dan kalo ada yang mo request resep alakadar dan bahan minim, bisa tanya ke saya, sapa tahu bisa bantu, without penyedap rasa we can do.... hidup sehat dan modal nekat bisa masak
see ya di postingan selanjutnya....

Aku lagi nunggu updatean komik onepunch man, kok lama terbitnya ya......... akukan mo beli komiknya...... di jepang vol 13 udah lama lewaaaaat, di mari masih vol 10, -..-' 

No comments:

Post a Comment

Mencari sosok Ayah untuk anakku

Bingung rasanya karna ank mulai tambah besar, harus bilang apa gitu .... kalo semisal tanya Papah dimana mah....? Just saying luar kota....o...